Tips Tools Optimasi Marketplace

Tips Tools Optimasi Marketplace - Tools optimasi marketplace Adalah Hal penting dalam bidang penjualan online. Marketplace sendiri adalah platform pihak ketiga dalam memulai bisnis online. Hal ini berbeda dengan penjualan offline yang membutuhkan biaya sewa bulanan untuk memiliki toko. Selama Anda bisa menggunakan Tools Optimasi Marketplace, penjualan akan meningkat, apalagi jika Anda bisa memanfaatkan berbagai fitur marketplace.

Selain memudahkan pembeli dan penjual karena tidak perlu bertemu terlebih dahulu untuk membuat kesepakatan, marketplace juga menawarkan harga yang lebih murah dibandingkan harga di toko fisik. Banyak pembeli saat ini beralih ke marketplace seolah-olah itu adalah marketplace untuk membeli kebutuhan sehari-hari mereka.

Banyak yang suka membeli produk melalui marketplace karena prosesnya yang terbilang mudah dan bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja. Dikutip dari berbagai sumber, berikut tips Tools optimasi menjual di marketplace.

Pilih Kategori Yang Sesuai Untuk Produk Yang Dijual

Selain penulisan kata kunci yang tepat, penting juga untuk memilih kategori yang sesuai dengan produk yang dijual sehingga algoritma marketplace dapat memberikan rekomendasi ketika calon pembeli mencari produk terkait atau terkait berdasarkan kategori.

Karena persaingan yang sangat ketat di marketplace, tidak jarang ditemukan produk yang sama dijual oleh banyak penjual yang berbeda. Jika Anda ingin pelanggan membeli dari Anda, penting untuk memastikan produk muncul di halaman atas. Saat mengunggah produk di marketplace, selalu gunakan kata kunci dan kategori yang tepat.

Manfaatkan Media Sosial Untuk Meningkatkan Pengikut Akun Di Marketplace

Selain memaksimalkan fitur promo, seller juga harus aktif meningkatkan followers di marketplace. Hal ini akan membawa keuntungan yang besar karena dengan memiliki banyak followers maka iklan produk yang dilakukan akan terlihat dan menarik lebih banyak pembeli. Fitur periklanan lain yang harus dimanfaatkan oleh penjual di marketplace adalah iklan gratis 4 jam dengan alarm yang disetel, dan iklan akan berpindah ke halaman iklan utama selama 4 jam.

Salah satu cara yang dapat dilakukan penjual marketplace untuk meningkatkan followers adalah dengan menggunakan media digital lainnya seperti media sosial. Oleh karena itu, memanfaatkan media sosial sangat penting bagi seorang penjual marketplace. Media sosial memiliki audiens yang sangat besar sehingga peluang untuk mendapatkan followers baru juga sangat besar.

Anda dapat memanfaatkan acara yang melibatkan pengikut media sosial Anda untuk mengundang mereka mengikuti akun marketplace Anda juga. Dengan begitu, followers kedua platform digital ini akan bertambah secara bersamaan.

Foto Produk Yang Menarik

Menambahkan foto ke deskripsi produk sangat penting. Manusia adalah makhluk visual yang suka melihat terlebih dahulu sebelum memutuskan langkah selanjutnya. Ketika visualisasi yang tersedia tampak menarik, peluang untuk melakukan pembelian akan lebih besar. Ketika produk terlihat tidak rapi, kusam, tidak estetis, calon pembeli akan langsung merasa enggan untuk melanjutkan pembelian.

Ada beberapa marketplace yang sudah bisa mengidentifikasi gambar. Saat mencari suatu produk, pengguna dapat langsung melakukannya dengan mengunggah gambar di fitur pencarian mereka, dalam hitungan detik, pengguna akan mendapatkan hasil pencarian sesuai dengan gambar yang diunggah oleh pembeli.

Hindari menggunakan foto yang asal-asalan dan terlalu banyak gambar. Hal utama yang harus dilakukan adalah menonjolkan keunggulan produk, baik dari segi bentuk, warna, fitur yang terlihat, dan lain sebagainya. Semakin menarik foto suatu produk, semakin besar kemungkinan calon pembeli akan tergiur untuk membeli produk tersebut.

Manfaatkan Review Positif

Promo di berbagai platform membuka peluang bagi Anda untuk menyimpan review positif dari pelanggan. Dengan memanfaatkan ulasan positif, berarti Anda juga telah memanfaatkan promosi organik melalui. Cara ini sangat efektif mengingat rekomendasi yang diberikan konsumen akan berdampak signifikan terhadap reputasi bisnis Anda.

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa ulasan atau testimoni konsumen di media sosial dapat meningkatkan kepercayaan calon pelanggan lain sebesar 36% pada bisnis Anda. Selain itu, ulasan positif juga dapat mendatangkan pembeli yang lebih loyal dibandingkan jenis promosi lainnya. Untuk itu manfaatkan review yang positif dari konsumen Anda.

Harga

Marketplace adalah tempat untuk perang harga, kenyataannya memang begitu. Karena banyaknya penjual, perang harga seringkali tak terhindarkan di marketplace. Ketika Anda menyadari bahwa ada cukup banyak produk serupa, buatlah harga yang kompetitif. Kompetitif bukan berarti harus membanting harga semurah mungkin.

Meski setiap marketplace memiliki fitur shortlist berdasarkan harga termurah atau termahal, namun selalu ada peluang bagi pelanggan untuk membeli di level harga berapa pun asalkan harganya masih wajar. Kuncinya adalah menambahkan nilai pada produk dengan cara lain.

Deskripsi Produk

Untuk melengkapi produk yang dijual, tuliskan deskripsi produk yang informatif dan menarik perhatian, hal ini bertujuan agar konsumen mengerti apa saja produk yang dijual. Cobalah untuk membuat konsumen menunda-nunda dalam menjelajahi toko online dengan membaca beberapa deskripsi yang dapat menambah wawasan.

Jangan sampai konsumen hanya melihat produk Anda lalu pergi karena tidak cocok dengan produk atau belum menemukan yang tepat. Karena Deskripsi produk hanya terlihat di halaman detail produk sehingga harus difokuskan untuk mengubah pemirsa menjadi pembeli.

Jangan gunakan deskripsi produk pabrikan. Dengan menulis deskripsi sendiri, kita akan dapat lebih memahami produk yang dijual. Selain itu, juga dapat meningkatkan peluang menghasilkan konversi saat menulis deskripsi produk Anda sendiri.

Menjelaskan keunggulan produk yang dijual agar konsumen dapat menerima informasi lebih cepat sehingga dapat langsung membeli produk yang dijual. Deskripsi harus terdiri dari komponen, termasuk fitur, manfaat, dan keunggulan produk. Fitur adalah hal-hal yang ditawarkan suatu produk kepada konsumen. Fitur yang kompetitif berarti yang membedakan satu produk dari yang lain.

Sedangkan manfaat adalah sesuatu yang diperoleh konsumen ketika menggunakan produk yang dijual. Hal lain yang harus disertakan adalah keunggulan produk. Informasi pada bagian ini sangat penting karena dapat menjadi alasan yang kuat bagi calon pembeli untuk mendapatkan produk tersebut.

Keunggulan produk yang tertulis di deskripsi tentunya harus benar, jelas, dan tepat, hal yang harus dihindari adalah menampilkan keunggulan secara berlebihan sehingga menimbulkan kesalahpahaman. Akibatnya, orang yang tidak hati-hati bisa salah membaca dan memahami informasi. Kegagalan menyampaikan manfaat produk dalam deskripsi dengan baik dapat mempengaruhi tingkat kepercayaan pengunjung.

Manfaatkan Fitur Promo

Salah satu daya tarik utama pembeli dengan berbelanja di marketplace adalah adanya berbagai program promo belanja di marketplace, mulai dari diskon besar-besaran hingga gratis ongkos kirim. Selain itu, untuk lebih mengenalkan barang yang dijual oleh penjual.

Pihak marketplace menyediakan iklan gratis untuk 5 produk unggulan penjual yang dapat menjangkau pengguna Facebook, Instagram dan media sosial lainnya. Fitur iklan gratis ini sebenarnya bisa membantu penjual untuk menjangkau marketplace digital yang lebih luas.

Dengan berjualan di marketplace, seller bisa memanfaatkan berbagai fitur promo dan melakukan banyak hal seperti memberikan promo ongkos kirim, big sale, buy one get one, dan lain-lain, selain itu marketplace juga memberikan banyak keuntungan yang tidak boleh dilewatkan oleh seller dan dropshipper yaitu menggunakan iklan gratis. untuk 5 produk terus menerus. Sebagai penjual kita harus benar-benar memanfaatkan fitur gratis dari iklan tersebut.

Manfaatkan Iklan Berbayar

Marketplace memang memiliki fitur promo dan advertising, namun hal ini tidak cukup untuk memaksimalkan penjualan Anda di marketplace. Oleh karena itu, kini saatnya Anda menjalankan iklan digital. Ada banyak platform periklanan yang bisa Anda manfaatkan. Mesin pencari Google dikenal sebagai Google Search Network dan Google Display Network. Di media sosial ada Facebook Ads, Twitter Ads, dan TikTok Ads.

Dengan memanfaatkan berbagai platform untuk beriklan, Anda meningkatkan eksposur bisnis Anda ke calon pelanggan aktif di Internet. Di Indonesia sendiri, pengguna internet aktif pada tahun 2020 sudah mencapai 60% dari total populasi, sehingga memberikan potensi audiens yang sangat besar untuk iklan digital yang Anda jalankan.

Demikian ulasan tentang Tips Tools Optimasi Marketplace semoga bermanfaat.