Tips Kelola Marketplace Dalam Bisnis Anda Agar Berkembang

Tips Kelola Marketplace Dalam Bisnis Anda Agar Berkembang - Saat ini perkembangan teknologi berkembang pesat menuju negara-negara maju, banyak yang memanfaatkan perkembangan tersebut. Salah satunya adalah masyarakat berbelanja kebutuhan hidup melalui situs toko online tanpa harus repot keluar rumah lagi dan melakukan berbagai aktivitas dan aktivitas pembayaran melalui teknologi digital.

Karena tuntutan hidup yang tinggi terhadap teknologi, ada pihak yang memanfaatkannya dan menciptakan bisnis baru dengan mengikuti arus tuntutan masyarakat. Kegiatan e-commerce sedang booming di negara berkembang, dimana pihak ketiga menyediakan wadah bagi para pelaku bisnis untuk menjalankan bisnisnya melalui dunia internet dengan Kelola Marketplaceyang telah disediakan.

Pengertian Marketplace?

Marketplace adalah tempat berkumpulnya penjual dan pembeli di dunia maya untuk melakukan transaksi jual beli atau tempat jual beli barang melalui platform yang telah disediakan oleh pihak ketiga. Yang bisa memanfaatkan marketplace adalah para penjual yang ingin mengembangkan usahanya di dunia maya dan pembeli yang ingin membeli berbagai kebutuhan dengan cara yang mudah di satu tempat secara online.

Jenis-Jenis Marketplace?

Pada pembahasan bagian ini, marketplace di Indonesia memiliki 2 jenis kerjasama untuk menjalankan bisnis, antara lain:

Marketplace Murni

Pure Marketplace adalah marketplace yang telah bekerjasama dengan penjual, diberikan kewenangan untuk menjalankan bisnis pada situs lapak yang telah menyediakan marketplace yang lengkap dengan fasilitas pembayaran dan penjual diharuskan mengisi deskripsi data produk secara mandiri, dan penjual akan mendapatkan fasilitas negosiasi harga yang dapat diajukan oleh pembeli untuk mendapatkan kesepakatan harga.

Marketplace Konsinyasi

Marketplace konsinyasi adalah marketplace yang menyediakan jasa titip barang untuk diperjualbelikan di marketplace dengan syarat penjual harus memberikan informasi produk dan detail kepada marketplace, kemudian marketplace yang akan mengatur proses pemesanan, pengiriman penjualan produk dan melayani fasilitas pembayaran dan pembeli tidak dapat mengajukan negosiasi harga karena transaksi diatur langsung oleh marketplace sesuai dengan kerjasama dengan penjual.

Contoh Marketplace Terkenal

Dari jenis-jenis marketplace tersebut, banyak penjual yang memilih menjalankan bisnis di berbagai marketplace sekaligus dan memilih marketplace yang sudah terkenal seperti :

Shopee

Shopee Marketplace berdiri di Singapura sejak tahun 2015 melebarkan sayap ke Marketplace Asia Tenggara, Shopee Marketplace menjadi marketplace terlaris yang dikunjungi pengguna website dengan total 93,44 juta perbulan mengutip data iPrice. Shopee Marketplace menarik pengunjung dengan mengundang selebriti internasional khususnya boy band atau girl group Korea dan memberikan promosi yang menggiurkan untuk menarik pengguna.

Tokopedia

Tokopedia Marketplace didirikan pada Februari 2009 dan merupakan salah satu startup unicorn di Indonesia, marketplace Tokopedia bukan lagi yang pertama tetapi kedua dengan 86.103 juta kunjungan perbulan.

Bukalapak

Bukalapak Marketplace didirikan pada tahun 2010 dan telah menjadi salah satu startup unicorn di Indonesia seperti Tokopedia. Bukalapak menempati urutan ketiga dengan 35.288 juta kunjungan perbulan.

Lazada

Lazada Marketplace telah menjadi bagian dari Alibaba Group yang didirikan pada tahun 2012 di Singapura. Lazada menempati urutan keempat dengan kunjungan 22.021 juta perbulan.

Cara Menjual Produk Di Marketplace

Cara menjual produk di marketplace dan bergabung di marketplace antara lain:

Memiliki Toko Online

Untuk bergabung dengan marketplace, persyaratan yang dibutuhkan untuk membuka toko marketplace antara lain:

  • Memiliki KTP atau Identitas.

  • Memiliki Toko atau Rekening Bank Pribadi.

  • Nomor Telepon Bisnis.

  • Alamat Email Toko.

  • Memiliki Nama Toko dan Logo Toko Permanen.

Memahami Hak Dan Tanggung Jawab Penjual

Kewajiban penjual untuk membuka toko marketplace adalah mematuhi segala peraturan dan resiko yang akan dihadapi nantinya. Jika tidak memenuhi aturan marketplace yang berlaku, Anda akan dibanned atau akun toko akan ditutup selamanya.

Hak Marketplace bebas menggunakan semua fitur marketplace yang telah disediakan oleh marketplace. Seperti Bebas memilih dan bebas membuka banyak toko di marketplace. Dengan banyak akun toko di berbagai Marketplace secara bersamaan, solusi terbaik untuk mengelola beberapa akun Marketplace adalah dengan menggunakan platform Multisaluran Ginee.

Cara Membuat Pelanggan tertarik Di Marketplace

Dibawah ini ada beberapa cara membuat pelanggan tertarik dengan bisnis anda menggunakan marketplace Sebagai Berikut:

Strategi Jenis Barang Yang Akan Dijual

Mengetahui produk apa yang dijual hanya di Online Store Marketplace, setelah memutuskan jenis barang yang akan dijual, penguasaan produk yang akan dijual diperlukan untuk memudahkan menjawab pertanyaan jika diperlukan nanti saat bertransaksi untuk meyakinkan pembeli.

Strategi Edisi Terbatas

Strategi dengan menjual barang dengan stok terbatas untuk menarik perhatian pembeli karena asumsi stok terbatas, barang laris manis menyebabkan pembeli memesan barang tanpa ragu-ragu.

Strategi Promosi Bundling

Strateginya adalah menjual produk utama dengan produk tambahan atau produk sisa dengan harga paket yang lebih rendah.

Strategi Diskon Dengan Pembelian Maksimal

Strateginya adalah dengan memberikan voucher atau potongan harga atas pembelian barang secara maksimal di suatu toko dengan jumlah tertentu atau potongan harga barang dalam jangka waktu tertentu dimana harga yang dipromosikan terlebih dahulu dapat dinaikkan harga jualnya agar tidak mengalami kerugian.

Strategi Permainan Harga

Strategi dengan memberikan harga fraksional untuk memberikan kesan bahwa harga terlihat murah dari segi psikologis dibandingkan dengan pembulatan harga.

Simpan Nama Baik Di Marketplace

Untuk menjalankan bisnis marketplace yang jangka panjang dan tahan lama, diperlukan nama,reputasi,nilai toko yang baik, dimana penilaian dari pembeli terhadap kinerja pengiriman, pelayanan dan barang yang diterima, yang kesemuanya akan mempengaruhi nama baik toko dengan menambahkan gambar dan testimoni dari pembeli.

Bergabunglah Dengan Grup Penjual Marketplace

Bergabungnya penjual dalam satu grup memiliki pengaruh positif yang memberikan keuntungan berupa:

  • mencari pemasok lain.

  • Dapatkan ilmu dan tips berjualan.

  • cari tahu tentang promo yang akan diadakan dan lain-lain.

Harga Dan Keuntungan Standar

Cara yang paling penting untuk menjual di marketplace adalah dengan harga yang tidak tinggi atau rendah yang dapat merusak Marketplace atau membuat bisnis merugi. Cukup dengan memberikan harga dengan kategori standar dimana Anda mendapatkan keuntungan dari harga modal dan keuntungan yang diambil tidak berlebihan atau berlebihan.

Tanggung Jawab Bisnis Dalam Merespon Konsumen

Disini penjual harus benar-benar bertanggung jawab jika terjadi kesalahan pengiriman produk atau kerusakan barang yang dikirim untuk menjaga nama baik toko, tidak menghindari komplain dari pembeli secara ramah.

Kelebihan Bisnis Online dengan Marketplace

Berikut ini ada beberapa keuntungan menjalankan bisnis online melalui marketplace:

Peluang Lebih Besar Melalui Komunitas

Marketspace Online bisa dikatakan sebagai tempat bagi banyak penjual. melalui platform ini Anda dapat menciptakan peluang bisnis yang lebih besar dengan membangun hubungan dengan penjual lain melalui komunitas. Anda dapat berbagi pengetahuan, berbagi peluang, dan bekerja sama dalam membangun peluang baru.

Tidak Perlu Takut Kehilangan Pelanggan

Melalui platform online Anda tidak perlu kehilangan pelanggan. Jutaan orang mengunjungi platform penjualan online setiap hari. Menurut laporan iPrice yang dikutip Databoks, pada kuartal ketiga 2019 saja, 66 juta platform penjualan online di Indonesia telah dikunjungi. Hal ini menunjukkan bahwa aktivitas jual beli online khususnya di Indonesia sangat besar.

Dan biasanya, konsumen yang mengunjungi online marketplace memang memiliki motivasi untuk membeli barang tertentu. Bisnis Anda juga akan otomatis dipromosikan oleh pemilik online marketplace. Jadi Anda tidak perlu alat promosi yang mahal atau rumit untuk memasarkan produk Anda.

Biasanya online marketplace sudah dipercaya oleh konsumen, jadi tidak perlu membangun kepercayaan konsumen juga. Selain itu, kemudahan akses yang diberikan pengelola online memudahkan konsumen untuk terus menjangkau toko Anda. konsumen akan mengakses pasar online kapan saja dan dimana saja.

Fitur Dan Regulasi Pasar Online Yang Baik

Pemilik atau perusahaan marketplace online biasanya memiliki fitur atau peraturan yang dapat meningkatkan kredibilitas dan keamanan toko Anda. Salah satu fitur yang Anda dapatkan adalah asuransi, integrasi pembayaran, promosi, rekening bersama, dan juga verifikasi toko sebagai bentuk apresiasi yang diberikan oleh perusahaan online marketplace.

Reputasi dan fitur verifikasi yang biasanya dimiliki oleh online marketplace dapat mempengaruhi kepercayaan masyarakat untuk membeli produk Anda di tengah ketatnya persaingan di online marketplace.

Tidak Perlu Modal Besar

Tidak seperti pasar offline, platform online tidak memerlukan tempat untuk disewa. Beberapa online marketplace terintegrasi biasanya mengenakan biaya “sewa”, namun tidak sebesar biaya sewa tempat seperti toko atau lapangan. Namun, untuk pasar online gratis seperti grup Facebook, forum jual beli online, Anda tidak perlu membayar sama sekali.

Demikian ulasan tentang Tips Kelola Marketplace Dalam Bisnis Anda Agar Berkembang semoga bermanfaat.