TIPS DESAIN BANNER TOKO ONLINE LARIS MANIS!

Ada ga sih tips supaya toko online-ku lebih menarik?

Nah, banyak dari kamu yang memiliki website toko online atau mungkin jualan online via marketplace kayak Shopee, Tokopedia, atau Bukalapak, tapi ngerasa toko online-nya jarang dikunjungi orang. Salah satu sebabnya mungkin karena toko online kamu kurang menarik!

Nah, banyak dari kamu yang memiliki website toko online atau mungkin jualan online via marketplace kayak Shopee, Tokopedia, atau Bukalapak, tapi ngerasa toko online-nya jarang dikunjungi orang. Salah satu sebabnya mungkin karena toko online kamu kurang menarik!

Desain visual toko online itu penting!

Ini nih yang jarang dipikirin oleh pemilik toko online! Sekarang ACI pengen kasih tahu kamu kalo desain visual itu penting. Soalnya, manusia itu makhluk yang sangat visual loh. 

 

Misalnya gini nih, kalo kamu jalan-jalan di mall terus ngeliat ada 2 toko. Toko pertama desainnya cantik, pegawainya juga menarik, terus keliatan ada tulisan diskon 50% gede banget. Dibandingkan dengan toko kedua yang sekedar ada toko, nama, dan logo. Pasti kamu lebih tertarik masuk toko yang pertama kan?

Padahal toko online kamu sudah pakai alat yang super canggih! Kok masih sepi?

Kembali lagi ke contoh di atas. Pertama kali, yang kamu lihat pasti kondisi tokonya kan? Bukan apakah pegawai tokonya pintar, pembayarannya mudah, prosesnya cepat, dan lain-lain. Yang kamu lihat PERTAMA KALI adalah desain tokonya, baru kamu masuk. Kalau ternyata tokonya tidak bagus, baru kamu mikir untuk masuk ke toko yang kurang menarik. TAPI, kalau ternyata toko pertama MENARIK dan PUNYA KEUNGGULAN seperti cepat, pegawai pintar, alat canggih, toko kedua ga bakalan dimasukin orang!

 

Ini sama kayak argumen di atas. Toko online kamu udah canggih. Pakai platform omni channel yang bisa bikin jualan kamu mudah, bisa sambung ke marketplace, dan orang juga cepat dapat respon kalau belanja di toko kamu. Kalau desain toko kamu kurang menarik, calon pelanggan kamu ga bakalan mampir ke toko kamu buat merasakan semua kecanggihan toko kamu! Sedih kan?

Pengen punya website toko online yang bisa di-custom desainnya?

Terus gimana dong, supaya desain toko online kamu menarik?

Nah… langkah pertama tentunya dengan memilih platform website toko online yang bisa bebasin kamu untuk nge-desain toko kamu! Banyak kok platform yang seperti itu, seperti Shopify, dan tentunya favorit ACI ya AdminCerdas Indonesia. Sesuaikan dengan kebutuhan kamu! Jadi, kalo memang menurut kamu desain toko online dari ACI tidak bagus, kamu HARUS pilih penyedia website toko online lainnya.

 

Langkah kedua adalah membuat logo toko online kamu. Jangan sampai di website maupun pada jualan kamu yang via marketplace, kamu ga punya logo toko online yang bagus! Logo ini sangat mempengaruhi loh. Kalau belum punya logo, bisa KLIK DI SINI untuk mampir ke tutorial bikin logo toko online sederhana yang pernah ACI tulis!

 

Langkah ketiga adalah membuat banner toko online. Banner ini juga sangat penting karena selain mempercantik toko online, kamu juga bisa menyampaikan banyak informasi untuk pelanggan kamu. 

 

Nah, ACI mau kasih contoh nih desain banner toko online sesuai fungsinya, tentunya selain mempercantik desain toko online kamu. Jadi, waktu bikin banner, kamu ga bingung lagi.

Banner #1 - Banner untuk menjelaskan toko online kamu

 

Banner yang ini sangat berguna buat menjelaskan ke orang, toko kamu ini sebetulnya jualan apa. Tipsnya adalah, cantumkan logo toko online kamu, tulis sedikit kata-kata yang menjelaskan toko kamu ini jualan apa, lalu masukkan beberapa gambar produk unggulan kamu.

Banner #2 - Banner untuk menunjukkan kalau ada promo

 

Ini kayak contoh tadi yang ACI berikan di atas. Kalau orang masuk toko kamu dan lihat kalo lagi ada diskon, orang ini secara ga langsung akan tertarik untuk membeli barang. Muncul di pikirannya kalau mumpung diskon nih, beli ah!

Pengen punya toko online yang bisa update stok otomatis ke marketplace?

Banner #3 - Banner yang menunjukkan stok kamu

 

Banner ini maksudnya adalah bahwa kamu punya banyak stok, sehingga orang punya perasaan kalau toko online kamu ini gede. Tips nya adalah tunjukkan beberapa foto yang kelihatan stok kamu, atau mungkin toko offline kamu, lalu tulis bahwa stok kamu banyak. Kalimatnya bebas, yang penting menarik!

Banner #4 - Banner social proof

 

Maksudnya social proof adalah intinya bahwa barang kamu itu keren. Nah tips-nya bisa pakai foto-foto testimonial kamu yang nunjukin orang pakai barang kamu, atau mungkin testimonial dari WhatsApp. Tapi ACI pribadi lebih suka foto orang. Kalau kamu ada pakai jasa influencer untuk foto, tampilkan foto itu di sini! Buat semenarik mungkin. Tambahkan kalimat yang menunjukkan kalau barang kamu dipakai banyak orang.

Banner #5 - Banner yang berisi ajakan

 

Ajakan ini bisa bebas ya, misalnya ajakan untuk bergabung jadi member, ajakan untuk merekomendasikan, atau ajakan jadi reseller / dropshipper. Tipsnya adalah jangan hanya mengajak. Tapi pastikan orang takut kehilangan kesempatan untuk ngelakuin hal ini! Di contoh banner ini, ACI tulis kalau KUOTA TERBATAS. Dan lanjutkan dengan ajakan untuk melakukan klik, kontak via chat, dan lain-lain.

Jadi…

Desain visual toko online ini memang sangat penting. Nah, dengan menyertakan banner toko online di website kamu atau jualan kamu yang via marketplace, selain toko online kamu jadi makin cantik, kamu bisa gunakan banner ini jadi alat untuk memberikan informasi ke pelanggan kamu. Kalau belum tahu cara bikin banner, KLIK DI SINI untuk belajar caranya yah!

 

Selamat mencoba~~

Pengen punya web toko online yang keren, profesional, dengan desain yang cantik?