Manajemen Marketplace Indonesia

Manajemen Marketplace Indonesia - Apa itu marketplace? Marketplace merupakan suatu tempat yang bisa disebut pasar, karena di dalamnya terdapat kegiatan jual beli antara pemilik dan pembeli. Jika Anda memiliki marketplace bisnis dan ingin diproses dengan baik, gunakan saja Manajemen Marketplace Indonesia.

Mengenal Marketplace

Marketplace sangat penting bagi para pebisnis. Membahas tentang marketplace pasti ada hubungannya dengan apa yang disebut dengan E-commerce. Jadi, dapat disimpulkan bahwa marketplace yang terkait dengan E-commerce merupakan aplikasi E-commerce yang didalamnya terdapat transaksi jual beli antara penjual dan pembeli secara online.

Marketplace ini akan memberikan ruang bagi penjual dan pembeli, tidak bertanggung jawab atas barang yang ada di dalamnya. Namun, Anda harus tahu bahwa marketplace ini bertanggung jawab atas keamanan transaksi jual beli. Ketika Anda sudah tahu tentang deskripsi marketplace. Perlu Anda ketahui bahwa marketplace ini terdiri dari beberapa jenis. Berikut adalah jenis-jenis marketplace, antara lain sebagai berikut:

Marketplace Vertikal

Marketplace ini hanya melakukan transaksi jual beli dengan satu produk saja. Meski hanya satu produk, produk yang satu ini dijual dari berbagai sumber.

Marketplace Horisontal

Marketplace horizontal adalah marketplace yang di dalamnya terdapat transaksi jual beli produk yang memiliki hubungan satu sama lain.

Marketplace Global

Marketplace ini melakukan transaksi jual beli dengan berbagai macam produk.

Keuntungan Marketplace

Banyak sekali manfaat dari marketplace, Anda harus menggunakan marketplace saat menjalankan bisnis. Jika Anda masih belum terbiasa mengelola marketplace seperti Shopee atau Tokopedia, silakan hubungi Layanan Manajemen Marketplace Indonesia. Berikut adalah manfaat dari marketplace, antara lain sebagai berikut:

Mempermudah Transaksi Jual Beli

Dengan adanya marketplace dapat memberikan kemudahan antara penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi jual beli. Oleh karena itu, Anda perlu menggunakan marketplace dan menggunakan layanan yang telah disediakan oleh penyedia pengelola marketplace Indonesia.

Mempermudah Untuk Membangun Hubungan

Dengan adanya marketplace akan membangun hubungan yang kuat antara penjual dan pembeli. Mungkin saja, dengan marketplace, Anda bisa membangun relasi dan bekerja sama dengan penjual. Dengan kerjasama ini, ada keuntungan bagi kedua belah pihak.

Jangkauan Sangat Luas

Dengan adanya marketplace, penjual dapat menjual barang dagangannya dalam jangkauan yang sangat luas. Begitu juga dengan pembeli, mereka akan dengan mudah menjangkau berbagai toko dan mendapatkan apa yang mereka inginkan.

Strategi Marketplace Untuk Mempermudah Pekerjaan Anda

Mengingat tantangan di atas, apa yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi stres penjualan online? Lihatlah kiat-kiat ini dan lihat apa yang dapat Anda lakukan.

Pusatkan Katalog Anda

Cara termudah untuk mengelola cantuman multisaluran adalah dengan menempatkan data produk Anda di satu tempat. Ini menciptakan satu sumber kebenaran untuk referensi tim Anda. Ini juga menghemat kerumitan Anda masuk ke setiap marketplace secara individual untuk memposting produk untuk dijual.

Di luar ini, Anda ingin dapat mengelola inventaris, analitik, dan aplikasi penting lainnya secara terpusat. Hal ini dapat dicapai melalui platform multisaluran, yang memastikan bahwa semua aplikasi Anda berkomunikasi satu sama lain.Platform multisaluran dapat bervariasi secara drastis dalam kemampuan mereka, serta saluran yang mereka dukung. Anda dapat menggunakan daftar periksa ini untuk melacak kebutuhan Anda dan menyimpan catatan tentang setiap platform yang Anda demo.

Pertimbangkan Pemenuhan Outsourcing

Di saluran seperti Amazon, hampir merupakan keharusan untuk berpartisipasi dalam program pemenuhan pihak ketiga. Hampir tiga perempat dari semua Penjual Amazon menggunakan FBA, bukan karena mereka tidak dapat memenuhi pesanan mereka sendiri tetapi karena memenangkan kotak pembelian atau status halaman pertama bergantung pada status Perdana.

Di saluran lain, Anda mungkin perlu melakukan outsourcing pemenuhan untuk mengikuti standar kinerja penjual, seperti ekspektasi pengiriman dua hari atau layanan pelanggan yang cepat.Dengan semua itu, Anda tidak pernah ingin meletakkan semua telur Anda dalam satu keranjang.

Gunakan FBA dan program pasar lainnya bila perlu, tetapi cari 3PL atau seseorang yang terpisah dari pasar untuk membantu Anda mencapai pengiriman cepat juga. Jangan biarkan diri Anda rentan terhadap kejutan, seperti saat Amazon FBA mencabut produk yang tidak penting saat pandemi COVID-19 melanda.

Berinvestasi Dalam Otomatisasi Daftar

Otomatisasi daftar sangat penting ketika Anda adalah penjual multisaluran. Selain meningkatkan efisiensi dalam pekerjaan Anda sehari-hari, ini dapat mencegah atau membantu menyelesaikan kesalahan daftar dengan cepat sebelum mereka merusak penjualan Anda.

Zentail, misalnya, secara otomatis mengkategorikan dan memformat data produk untuk Anda. Ini memastikan bahwa cantuman Anda dipetakan dengan benar di setiap saluran dan dioptimalkan untuk SEO marketplace. Anda juga dapat menghabiskan lebih banyak waktu untuk mengubah salinan, harga, dan atribut lanjutan Anda daripada memasukkan data dasar untuk lebih meningkatkan peluang Anda untuk mendapat peringkat di halaman pertama.

Daftar alat otomatisasi berkisar dari solusi gratis hingga premium. Solusi paling canggih menawarkan daftar sekali klik selain pengeditan massal, aturan bisnis, dan manajemen harga. Waspadalah terhadap platform yang mengiklankan otomatisasi multisaluran tetapi tetap mengharuskan Anda membuat template sendiri per saluran secara manual. Temukan solusi yang memenuhi janjinya dan dapat melindungi data produk Anda dari kesalahan.

Leverage Kit Dan Bundel

Banyak marketplace akhir-akhir ini sensitif terhadap paritas harga. Dengan kata lain, saluran Anda dapat menyembunyikan cantuman Anda jika menemukan bahwa produk Anda dapat ditemukan dengan harga yang jauh lebih murah di situs lain mana pun baik dari Anda atau penjual lain.

Salah satu cara untuk mengatasi batasan ini, plus meningkatkan nilai pesanan rata-rata adalah bereksperimen dengan multipak dan produk yang dibundel. Ini memungkinkan Anda untuk mencantumkan produk Anda sebagai SKU terpisah, masing-masing pada titik harga yang berbeda.

Baik kit dan bundel juga menawarkan keunggulan kompetitif. Pelanggan akan merasa mendapatkan nilai ekstra untuk uang yang mereka belanjakan, dan berpotensi lebih bersedia untuk mencoba produk baru saat digabungkan dengan produk favorit mereka.

Kiat pro cara lain untuk menghindari pelanggaran aturan keseimbangan harga termasuk hanya menawarkan bagian tertentu dari katalog Anda di beberapa saluran. Misalnya, Anda dapat menjual produk terbaru Anda di Amazon, dan model yang terlalu banyak menimbun.

Berinvestasi Dalam Sistem Inventaris Yang Baik

Seperti yang disebutkan sebelumnya, inventaris dapat dengan mudah lepas kendali saat Anda memiliki beberapa saluran e-niaga untuk diawasi. Tidak seperti toko fisik, saluran online Anda buka 24/7 dan karenanya menghadirkan tantangan baru bagi manajemen inventaris.

Faktor lain, seperti apakah Anda menjual barang jadi versus mengelola seluruh proses manufaktur, akan memengaruhi persyaratan Anda untuk sistem inventaris. Namun, minimal, Anda memerlukan sesuatu yang menyinkronkan inventaris Anda di semua saluran Anda.Ini berarti bahwa ketika pesanan masuk di saluran mana pun kapan saja, sistem Anda akan tahu untuk memesan jumlah stok yang tepat dan menguranginya dari jumlah yang tersedia di saluran lain.

Selain itu, Anda mungkin memerlukan bantuan tambahan untuk memperkirakan permintaan, mengelola pesanan pembelian, mengelola pemasok, dan banyak lagi. Jika demikian, ada sistem manajemen inventaris di luar sana untuk Anda. Anda hanya perlu melakukan uji tuntas dan meneliti semua opsi Anda.

Demikian ulasan tentang Manajemen Marketplace Indonesia semoga bermanfaat.