JADI DROPSHIPPER ITU MUDAH ATAU SUSAH SIH?

Pengennya jadi dropshipper karena katanya gampang… bener ga ya?

Pasti sering banget denger atau diiklanin kalo bisnis dari rumah itu gampang. Jadi reseller dropshipper aja. Terus denger motivasi-motivasi dari online. Yang penting semangat pasti bisa. Nah, kali ini Aci mau membedah mitos ini deh. Sebenernya jadi dropshipper itu mudah atau susah sih?

Pasti sering banget denger atau diiklanin kalo bisnis dari rumah itu gampang. Jadi reseller dropshipper aja. Terus denger motivasi-motivasi dari online. Yang penting semangat pasti bisa. Nah, kali ini Aci mau membedah mitos ini deh. Sebenernya jadi dropshipper itu mudah atau susah sih?

DROPSHIP ITU GAMPANG KAN?

Buat kamu yang belum ngerti artinya dropship atau dropshipper dan perbedaan reseller dan dropship, bisa masuk ke artikel ini dulu ya biar lebih jelas. Nah, kalau gampang atau enggaknya, ada banyak pandangan yang berbeda-beda. Ada yang ngomong gampang banget, modal rendah, dan bisa dapat penghasilan sampai ratusan juta. Ada juga yang ngomong susah karena harus ngikutin jadwal pengiriman supplier, harus cari supplier yang terpercaya, dan harus komunikasi konstan dengan supplier.

 

Kalau menurut Aci gimana nih?

 

Nah, kalau menurut Aci, jadi dropshipper atau reseller dropship itu gampang-gampang susah! Kok bisa? Intinya gini. Cara jadi dropshipper itu gampang banget. Bahkan Aci bisa bikin kamu jadi dropshipper dalam waktu 5 menit! Tapi, ngejalaninnya ga semudah itu!

CARA MENJADI DROPSHIP ITU MUDAH

Ga percaya? Yakin deh, kalau kamu cari di Google sekarang, banyak banget web yang bakal kasih tau kamu kalo cara jadi dropshipper itu gampang banget. Tinggal masuk web, daftar, jadi dropshipper deh. Aci tau betul, karena yang mempermudah kamu jadi dropshipper bukan cuman AdminCerdas aja, tapi ada banyak alternatifnya… walaupun favorit Aci tetep AdminCerdas sih… hehehe…

 

Tapi bener loh. Dari setiap web yang kamu masukin, pasti dibilang gampang banget jadi dropshipper, dibilang dapat duit juga mudah, kamu jual 10 barang sehari bisa dapat sampe jutaan, dan sebagainya lah.

 

Aci setuju banget dengan ini! Soalnya emang gampang banget. Misal kamu mau jual barang-barang milik supplier-nya Aci, kamu tinggal pilih aja, lihat produknya, kalo kamu sreg, langsung deh daftar jadi reseller atau dropshipper. Gampang banget!

NGEJALANIN BISNIS DROPSHIP GA SEMUDAH ITU

Nah… sekarang kita masuk ke bagian kedua nih. Kalo bukanya gampang, terus ngejalaninnya gimana? Jadi dropship itu ga semudah hanya punya supplier terus kamu pasang barangmu di Shopee atau Tokopedia. Jadi dropshipper itu artinya kamu bener-bener punya toko online kamu sendiri dan kamu harus bangun toko online itu sampai akhirnya punya pelanggan setia! Bedanya hanya kamu ga perlu punya stok dan punya gudang. 

 

Coba bayangin deh kalo kamu buka toko baju offline nih, di mall. Otomatis kamu harus punya tokonya dulu kan. Terus abis kamu sewa tokonya, kamu harus dekor tokonya… soalnya di sebelah-sebelah kamu itu semua toko baju semua. Kamu harus bisa menarik orang supaya mau masuk ke tokomu.

 

Terus kamu juga harus rajin-rajin bikin promo. Liat tuh toko-toko gede di mall. Mungkin kayak Sogo, Seibu, atau yang lainnya. Walaupun mereka tuh gede banget, kalau pas kamu ke mall, ada aja kan promosi-promosi diskon dari mereka? 

 

Nah… begitu ada calon pelanggan yang tertarik belanja di toko kamu, otomatis kamu harus layanin dengan baik dong. Kalo ditanya, jawabnya harus ramah dan sopan. Terus kalo butuh sesuatu harus dilayanin. Liat kalo di toko-toko besar. Kalo yang ngelayanin muka jutek, kamu juga bakal males kan belanja di sana? Apalagi kalo ditanya jawabnya ngasal. BT banget pasti jadinya.

 

Sama juga dengan toko online kamu. Misal kamu buka di Shopee jual baju nih sebagai dropshipper. Percaya deh, pasti BANYAK BANGET yang jual barang yang sama dengan kamu. Fotonya mirip-mirip, atau bahkan persis. Tapi kalo kamu perhatikan, ada yang bisa sampe jadi star seller, barangnya laku ribuan, terus bintangnya 5. Padahal, di bawah-bawahnya, ada toko yang jual barang SAMA PERSIS tapi ga ada yang beli.

 

Kenapa sih kok bisa gitu? Karena si star seller bener-bener ngejalanin bisnisnya dengan baik. Dia ngiklan, kasih voucher harga coret, voucher ikuti toko, kasih diskon produk, sampai dekor tokonya dengan cantik. Nah, dia ga cuman taruh foto barang di Shopee aja. Tapi, dia bener-bener bangun bisnisnya dengan baik. Makanya tokonya sukses.

Mau punya toko online yang tersambung dengan marketplace?

TERUS CARA SUPAYA JUALAN ONLINE-KU LAKU?

Jualan online laris itu emang ga mudah, tapi juga ga susah-susah amat kok. Yang penting konsisten aja. Tiap hari emang ada yang perlu kamu kerjain. Aci kasih tips-tips dasarnya ya.

 

BANGUN BRAND TOKO KAMU DENGAN INSTAGRAM

Nah, yang dibangun bukan brand produknya ya. Tapi brand toko kamu. Instagram ini penting banget karena calon pelanggan kamu bakal jauh lebih percaya kalau toko kamu bagus di instagram. Lihat tips menggunakan instagram untuk berjualan online di sini!

 

TAMBAHIN FOTO YANG KAMU EDIT SENDIRI KE MARKETPLACE (SHOPEE, TOKOPEDIA, ATAU BUKALAPAK)

Nah, ini supaya orang tertarik duluan liat foto kamu. Soalnya betul-betul deh, hampir semua orang malas edit foto. Jadi, akhirnya fotonya sama semua. Coba lihat gambar di bawah. Tuh muka model sama semua kan? Pasti suppliernya 1 tuh… 

 mirip2

 

 

RAJIN BERIKLAN DI MARKETPLACE

Nah, kalau saran Aci, kamu kuasain dulu 1 marketplace sampai kamu bisa dapat beberapa penjualan di sana. Supaya cepat, kamu memang harus bikin banyak promo dan ngiklan. Keluar duit? Bener… tapi emang bisnis itu harus keluar duit… istilahnya kamu kudu investasi. Nah, kalo investasi buka toko offline bisa ratusan juta. Kalau dropship kan murah… Nah, walaupun murah, tapi tetap ada biaya kan?

JADI…

Walaupun memang ngejalanin bisnis dropship ga semudah itu, tapi banyak banget loh dropshipper yang sukses. Soalnya mereka bener-bener memperlakukan toko onlinenya sebagai bisnis. Kamu juga bisa kok!

 

Semangat ya~~