Cara Software Upload Produk Massal Di Tokopedia

Cara Software Upload Produk Massal Di Tokopedia - Bagi Anda yang bergelut dengan jual beli produk atau barang secara online di berbagai Marketplace seperti Shopee, Tokopedia, Bukalapak dan berbagai Marketplace lainnya, berikut tips cara cepat dan tepat yaitu Cara Software Upload Produk Secara Massalhanya dalam hitungan detik dan untuk Gratis.

Biasanya yang dilakukan bagi yang ingin berjualan di marketplace seperti Shopee, bagi yang baru jika ingin menambah produk atau barang baru maka dilakukan secara manual, dengan cara ini hanya harus melalui sebuah produk dan tentunya akan memakan waktu yang sangat lama.

Namun Anda dapat mengunggah barang atau produk secara massal dan cepat hanya dengan menggunakan aplikasi atau software, namun sayangnya Anda harus berlangganan untuk mendapatkan aplikasi atau paket software tersebut.

Software upload produk massal sebenarnya banyak tersedia di berbagai situs, namun pada artikel kali ini kita akan membahas software upload produk massal yang bisa Anda dapatkan secara gratis tanpa harus berlangganan terlebih dahulu.Pada pembahasan artikel kali ini, cara upload produk secara massal di Tokopedia dengan menggunakan software gratis yaitu Dropshipkit. Dropshipkit adalah software produk dalam jumlah besar, baik yang digunakan di Tokopedia, Bukalapak dan beberapa Marketplace lainnya.

Sebenarnya Dropshipkit adalah software atau aplikasi berbayar jika anda ingin mengupload produk secara massal dengan puluhan produk, namun anda tidak perlu khawatir untuk tidak berlangganan paket di Dropshipkit. Anda dapat mengunggah produk secara massal yang dibatasi hingga 7 produk atau item.

Artinya kalau hanya 7 produk atau satu item yang diupload sekali, apakah disebut secara masal? jika Anda menggunakan software atau aplikasi Dropshipkit, meskipun Anda mengunggah produk, Anda dibatasi hingga 7 produk, ini juga disebut unggah produk massal.Misalnya kamu bisa upload produk hingga 20 kali menggunakan aplikasi Dropshipkit, artinya sekali upload 7 produk tinggal dikalikan 20 X, jadi total upload produk yang kamu dapatkan adalah 140 produk.

Dengan tips atau trik ini, Anda telah mengupload produk dengan aplikasi Dropshipkit sebanyak 20 kali, artinya Anda telah mengupload produk secara massal berjumlah 140 produk. Sedangkan menurut pengalaman penulis, tidak ada batasan berapa kali Anda bisa mengupload produk secara massal menggunakan software Dropshipkit.

Apa Itu Upload Massal?

Fitur unggah massal dibuat khusus untuk membantu penjual dalam proses penambahan produk secara cepat dan efisien melalui fitur unggah massal. Jadi penjual dapat mengurangi waktu untuk menambahkan produk satu per satu dengan menggunakan fitur ini!

Mengapa Upload Massal Penting Bagi Penjual?

Upload massal penting bagi seller karena memudahkan import produk Tokopedia oleh seller Tokopedia, seller juga dimudahkan dengan template import produk Tokopedia yang sudah disediakan, jadi seller cukup mengerti cara upload produk secara massal di Tokopedia dan cara mengekspor produk Tokopedia ke Excel.

Pengertian Produk Tanpa Varian Dan Produk Dengan Varian?

Dalam proses upload produk di Tokopedia, Anda dapat menambahkan varian pada produk Anda. Dengan mengetahui apa itu Produk tanpa varian dan Produk dengan varian Berikut perbedaannya :

Produk Tanpa Varian

Produk tanpa varian berarti hanya memiliki satu warna, ukuran atau jenis.

Produk Dengan Varian

Produk dengan varian berarti memiliki warna, ukuran atau jenis yang berbeda, sehingga pembeli harus memilih.

Alat Dan Bahan

Data Produk

Pertama-tama, Anda harus memiliki data produk yang ingin Anda upload terlebih dahulu. Jika Anda tidak memilikinya, lalu apa yang ingin Anda unggah? Data produk biasanya diperoleh dari scrape. Kalau mau bikin sendiri juga bisa. Anda bisa memasukkan produk yang ingin Anda jual ke dalam template marketplace Tokopedia satu persatu.

Perangkat Lunak Pengikis

Bagi anda yang dropshipper tentunya untuk mendapatkan data produk dengan mudah harus memiliki software scraper. Perangkat lunak ini untuk mengambil semua data produk pemasok mulai dari gambar, harga, deskripsi, kategori dan lain-lainnya.

Begitu juga bagi anda yang merupakan supplier sebaiknya menggunakan software scraper agar lebih mudah untuk menduplikasi toko. Anda mengunggahnya ke satu toko terlebih dahulu, setelah itu Anda mengikis toko itu dan kemudian baru mengunggahnya ke pasar lain.

Jadi software scraper yang kami rekomendasikan adalah dutchbot. Software ini sangat bagus untuk Anda gunakan sebagai alat bisnis di marketplace. Selain bisa scrape, aplikasi dropship ini bisa mengonversi data yaitu menguploadnya ke banyak marketplace. Ada juga fitur cek stok dan cek perubahan harga supplier. Dan ada juga script untuk pengoptimalan produk seperti auto-header, auto-follow, auto-unfoll, auto-update harga, dll.

Template Unggah Produk Massal

Sekarang yang lain adalah template Unggah Produk Massal. Karena kita disini untuk upload ke Tokopedia, maka kita download dulu template Mass Product Upload di Tokopedia.

Bagaimana Cara Melakukan Software Upload Massal Di Tokopedia?

  • Pertama, Anda bisa masuk ke aplikasi Penjual Tokopedia dan masuk ke halaman produk untuk menambahkan produk Anda.

  • Anda dapat menambahkan foto produk Anda, lalu klik lanjutkan.

  • Masukkan nama produk yang benar dan cocok dengan produk Anda.

  • Pilih kategori produk Anda, pastikan untuk memilih kategori yang tepat.

  • Selanjutnya, masukkan harga produk Anda dan pastikan untuk memberikan harga yang sesuai termasuk jumlah stok dan minimum order.

  • Tulis deskripsi rinci tentang produk Anda.

  • Terakhir, isi detail pengiriman anda, lalu klik Selesai. Produk Anda telah berhasil ditambahkan.

Cara Login Akun Tokopedia

Login Akun Penjual Tokopedia Dengan PC

Sebelum Anda menjadi top seller, Anda harus mempelajari terlebih dahulu cara login akun penjual Tokopedia di PC Anda. Untuk masuk ke akun Tokopedia Anda, Anda dapat mengakses situs tokopedia. Di situs tersebut Anda bisa login menggunakan akun yang Anda buat tadi. Display di Seller Tokopedia lebih hemat karena didesain khusus untuk seller.

Login Akun Penjual Tokopedia Dengan Android

Untuk bisa masuk ke penjual Tokopedia di smartphone Android Anda, Anda bisa mendownload atau mendownload terlebih dahulu aplikasi penjual Tokopedia di Google Play. Setelah mengunduh dan menginstal aplikasi di smartphone Android Anda, Anda hanya perlu masuk menggunakan akun Tokopedia yang Anda buat sebelumnya. Aplikasi Penjual Tokopedia berbeda dengan Tokopedia biasanya karena aplikasi Penjual Tokopedia didesain khusus untuk penjual.

Cara Upload Massal Di Tokopedia

  • Anda bisa masuk ke halaman Penjual Tokopedia, klik produk dan daftar produk, pilih set sekaligus dan tambahkan sekaligus. Masuk ke halaman Penjual Tokopedia di komputer Anda, klik 'Produk' lalu pilih 'Daftar Produk', lalu klik 'Atur sekaligus' dan pilih 'Tambah sekaligus.'

  • Jika template dengan atau tanpa varian muncul, Anda dapat memilih tanpa varian dan mengunduh template.

  • Setelah mengunduh, buka dokumen Excel, isi kolom.

  • Kolom bertanda (*) dan merah adalah kolom wajib.

  • Periksa kembali informasi produk Anda, lalu simpan dengan menekan 'ctrl + S' pada keyboard

  • Unggah file lagi di halaman Tambah sekaligus.

  • Produk Anda akan otomatis muncul di halaman produk Anda. pastikan produk Anda tidak memiliki kesalahan.

Syarat Dan Ketentuan Fitur Tambah Sekaligus

Produk yang dapat diimport dalam satu file excel sebanyak 300 produk, jumlah produk yang dapat diupload ke toko Anda adalah 500 produk per satu file upload dan fitur Impor Produk hanya mendukung jenis file Microsoft Excel Worksheet.

Manfaat upload Produk Secara Massal Dan Mengekspor Produk

Mempermudah penjual dalam proses upload produk, Lebih efisien dalam upload produk, dan Mengurangi waktu dalam upload produk.

Fitur Ginee Untuk Toko Online Anda

Mengelola Pesanan Dan Stok Untuk Semua Toko Online Anda

  • Perbarui pesanan dan stok secara otomatis.

  • Kelola stok produk penjualan cepat dengan mudah.

  • Memproses pesanan dan pengiriman dalam satu sistem.

Mengelola Penjualan Dengan Sistem Manajemen Digital

  • Keanggotaan dan basis data pelanggan yang komprehensif.

  • Prediksi bisnis dengan Fitur Analisis Bisnis di Ginee.

  • Pantau laporan dengan menyesuaikan data pelanggan, laba, dan laporan.

Demikian ulasan tentang Cara Software Upload Produk Massal Di Tokopedia semoga bermanfaat.