Bisnis Dropship Bakal Ga Menarik Lagi Di Tahun 2021?

Konon katanya bisnis dropship bakalan mati nih… bener ga sih?

Buat para dropshippers, pasti sering banget dengar desas-desus ini. Banyak yang ngomong kalau bisnis dropship itu cuman bisnis abal-abal yang keuntungannya dikit. Jadi, dengan adanya marketplace, bisnis dropship bakal mati… Nah, di sini, ACI kurang setuju. Yuk kita lihat alasannya apa kok ACI bisa ga setuju!

Buat para dropshippers, pasti sering banget dengar desas-desus ini. Banyak yang ngomong kalau bisnis dropship itu cuman bisnis abal-abal yang keuntungannya dikit. Jadi, dengan adanya marketplace, bisnis dropship bakal mati… Nah, di sini, ACI kurang setuju. Yuk kita lihat alasannya apa kok ACI bisa ga setuju!

APA SIH BISNIS DROPSHIP ITU?

 

Jadi dropshipper atau nyemplung di bisnis dropship itu sebenarnya mirip-mirip aja kok sama jualan online. Bedanya, kamu ga perlu punya gudang dan punya stok barang. Yang perlu kamu lakukan adalah mengasah kemampuan kamu buat jualan barang secara online, maka kamu bakal punya pemasukan tambahan dari bisnis kamu itu. 

 

Ingat!

 

Yang perlu kamu lakukan adalah MENGASAH KEMAMPUAN KAMU BUAT JUALAN ONLINE. Bisnis dropship itu tetaplah bisnis. Ada yang harus kamu lakukan dan kamu bangun. Bukan sekedar udah punya supplier dropship terpercaya lalu bisnis kamu pasti sukses. Kamu harus jago banget dan sering menawarkan produk kamu.

APA YANG MEMBUAT BISNIS DROPSHIP GAGAL?

Yang pasti, namanya bisnis itu ada kemungkinan gagal. Dan, kalau bisnis ini gagal, kemungkinan besar penyebab utamanya adalah pelaku bisnisnya, bukan tipe bisnisnya. Jadi logikanya gini nih:

 

Kalau bisnis dropship gagal, yang salah bukan produknya atau tipe bisnisnya. Kemungkinan besar adalah karena dropshipper-nya kurang bisa berjualan online.

 

Kok bisa gitu sih, ACI?

 

Karena ACI sudah melihat banyak banget member-member ACI yang merupakan dropshipper sukses besar. Bahkan, penjualannya bisa sampai ratusan juta sebulan! Jadi, bisnis dropship itu betul-betul berjalan kalau memang dikerjakan dengan serius.

APA YANG MEMBUAT BISNIS DROPSHIP BERHASIL?

Nah, tentunya kebalikan dari yang sebelumnya. Bisnis Dropship bisa berhasil karena dropshipper-nya jago banget jualan online. Tapi, sebetulnya bukan hanya karena itu. Setiap bisnis itu berhasil karena kombinasi dari beberapa alasan. ACI kasih beberapa alasannya ya, selain dari dropshipper-nya.

 

Kamu bisa dapat supplier dropship terpercaya

Maksud dari terpercaya di sini adalah soal stok barangnya. Biasanya, karena kamu dropshipper, kamu butuh barang dari seorang supplier kan? Nah, apa jadinya kalau kamu sudah sangat jago berjualan online, tapi barang suppliernya kosong terus. Pada akhirnya, kamu sendiri yang jadi bete. Udah dapat order, tapi pas kamu orderin ke supplier, ternyata barang suppliernya kosong terus. Gimana mau untung kan? Makanya, supplier dropship terpercaya ini adalah salah satu hal yang mempengaruhi kesuksesan bisnis dropship kamu.

 

Kamu bisa dapat supplier dropship murah

Nah, selain terpercaya, kamu juga harus bisa dapat harga yang bagus. Karena, sebagai seorang yang jadi dropshipper, kamu akan mendapat keuntungan dari penjualanmu. 

 

Contohnya nih…

 

Kalau kamu jual tas seorang supplier dan kamu dapat harga Rp 100.000, maka kalau kamu bisa jual tas itu dengan harga Rp 110.000, maka kamu dapat untung Rp 10.000.

 

Nah… kalau keuntungan Rp 10.000 itu besar ga sih? 

 

Jawabannya adalah tergantung barangnya. Kalau barang itu termasuk golongan yang penjualannya tinggi, maka Rp 10.000 itu udah besar banget. Tapi kalau dalam 1 bulan barang itu hanya bisa terjual kira-kira 100 buah, maka potensi income kamu hanya Rp 1.000.000. Emang ga kecil sih… tapi kalau dibandingin member ACI yang bisa dapat ratusan juta sebulan, itu jadi kecil banget.

 

Kamu bisa jualan di banyak tempat

Jaman sekarang kan banyak nih media-media buat kamu jualan. Entah itu marketplace seperti Shopee, Tokopedia, Bukalapak, dan Lazada. Atau berjualan di Instagram. Bahkan, kamu bisa berjualan di chat seperti WhatsApp atau tawarin barang kamu lewat Facebook. Semakin ulet kamu dalam berjualan, semakin tinggi kemungkinan bisnis kamu berhasil.

 

KENAPA ACI PERCAYA KALO BISNIS DROPSHIP ITU TIDAK AKAN MATI DALAM WAKTU DEKAT?

Ini nih pertanyaan besarnya. Kalau hal ini, kita mesti lihat dulu bagaimana karakter orang Indonesia dalam berbelanja. Di sini, karakter ini sangat berbeda dengan orang-orang dari negara barat. Karakter itu adalah:

 

Orang Indonesia lebih suka beli barang dari orang yang mereka kenal

 

Ini hasil riset ACI ya, bukan hasil kreasi ACI sendiri… hehehe.

 

Misalkan ACI belanja barang, sebisa mungkin ACI lihat di teman-teman ACI dulu. Karena SUNGKAN juga kalau mereka jualan barang tertentu tapi ACI ga beli dari mereka. Waktu ACI post unboxing di IG ACI, pasti agak sungkan.

 

Yang kedua, kalau misalkan barang yang ACI beli ada yang rusak, temen ACI pasti ganti dengan barang baru. Jarang banget ga diganti, karena mereka juga SUNGKAN dengan ACI. ACI udah beli barang mereka, masak dikasih barang rusak?

 

Beda cerita kalau ACI beli barang langsung dari supplier yang ACI ga kenal. Otomatis, bakal lebih khawatir dong kalau perlu retur barang, atau ada masalah lainnya. Bisa-bisa duit melayang deh. 

 

Makanya berdasarkan survey ACI, orang Indonesia merasa lebih aman belanja di orang yang mereka kenal atau tahu. 83% orang beralasan kalau lebih mudah minta retur, 55% orang bilang kalo sering dibonusin, dan ada alasan-alasan lain seperti bisa request waktu pengiriman, bisa COD, dan lain-lain.

 

Jadi, karakter inilah yang bisa dimanfaatin kalo kamu memang memutuskan untuk jadi dropshipper. Kamu bisa aktif menawarkan barang ke teman-teman kamu, tapi tentunya tanpa memaksa ya. Post di IG pribadi kamu, atau kalau ada grup kamu bisa permisi nawarin barang, kalau butuh aja bisa beli. Atau dengan bahasa lain yang jauh lebih bagus.

 

JADI…

Walaupun menurut banyak artikel bisnis dropship bakalan mati, ACI sih engga setuju. Pertama, masih banyak member ACI yang dropshipper yang penjualannya sampe ratusan juta dan terus meningkat. Kedua, karena berdasarkan riset ACI, orang Indonesia ini masih lebih suka belanja di orang yang mereka kenal. Jadi kalau kamu mau jadi dropshipper, jangan ragu tawarin barang-barang kamu ke teman-teman yang kamu kenal!

 

Selamat berjualan, para dropshippers!