9 Cara Dapat Review Jualan Online Tanpa Aplikasi

Pengen dapat review bagus untuk toko online kamu supaya pelanggan kamu makin percaya dengan jualan online kamu? Yuk ACI kasih rahasianya!

Cara dapat review jualan online atau ulasan dan bintang lima dari konsumen di Toko online. Seperti Shopee, Tokopedia, Bukalapak, dan situs marketplace lain, bertujuan agar toko semakin terpercaya. Secara tidak langsung, dengan ulasan mampu meningkatkan omzet penjualan. Hampir setiap platform penjualan online memiliki fitur ulasan atau review yang bisa konsumen isi. Tentunya diisi sesuai dengan kondisi atau kesesuaian barang yang mereka inginkan. Melalui kolom inilah, nantinya mempengaruhi pembeli lain membeli ke penjual serupa. Penulisan juga melakukan hal demikian, setiap hendak memutuskan untuk membeli barang secara online. Apakah toko tersebut beritikad baik dan jujur, atau malah sebaliknya. Semuanya bisa diketahui jawabannya melalui kolom review.

Cara dapat review jualan online atau ulasan dan bintang lima dari konsumen di Toko online. Seperti Shopee, Tokopedia, Bukalapak, dan situs marketplace lain, bertujuan agar toko semakin terpercaya. Secara tidak langsung, dengan ulasan mampu meningkatkan omzet penjualan. Hampir setiap platform penjualan online memiliki fitur ulasan atau review yang bisa konsumen isi. Tentunya diisi sesuai dengan kondisi atau kesesuaian barang yang mereka inginkan. Melalui kolom inilah, nantinya mempengaruhi pembeli lain membeli ke penjual serupa. Penulisan juga melakukan hal demikian, setiap hendak memutuskan untuk membeli barang secara online. Apakah toko tersebut beritikad baik dan jujur, atau malah sebaliknya. Semuanya bisa diketahui jawabannya melalui kolom review.

Manfaat Banyak Review di Toko Online

 

Banyaknya review pada toko online ternyata sangat bermanfaat. Tentunya hanya review yang pro atau mendukung baik. Walaupun banyak, jika ulasan yang konsumen berikan buruk, maka image toko tersebut juga buruk menurut calon pembeli lain.

1. Banyak Ulasan Bisa Menaikkan Rating Toko

Tampilan teratas pencarian dalam toko online memiliki algoritma tersendiri. Umumnya yang sering muncul teratas adalah yang paling banyak pembeli dan ulasannya. Ada peringkat SEO lokal yang sistem kelola, faktor salah satunya melihat dari banyaknya review.

2. Melejitkan Omset Penjualan

Mengapa cara dapat review jualan onlinebegitu populer dalam mesin pencarian? Salah satunya karena omset penjualan bisa naik drastis. Bahkan sebuah study menyebutkan 88% pembeli mempercayai ulasan pembeli sebelumnya.

3. Biaya Beban dan Operasional Menjadi Lebih Murah

Siapa sangka banyaknya ulasan selain membuat jualan agar cepat laku,juga membuat operasional lebih murah. Software toko online tertentu misalnya, fitur gratis ongkir aktif dengan mudah jika ulasan positifnya banyak.

Melihat melimpahnya manfaat dari ulasan online. Kamu bisa mencoba beberapa cara di bawah ini untuk meningkatkan penilaian di toko online-mu.

Inilah Cara Dapat Review Jualan Online dengan Cepat

 

Beberapa cara berikut bisa kamu praktikkan untuk menggaet agar pembeli dengan murah hati menulis review. Ulasan dan bintang lima yang nantinya bisa membuat jualan makin laris manis.

1. Meminta Ulasan Langsung ke Konsumen

Cara dapat review jualan online pertama, dengan meminta langsung pada pelanggan. Tips jualan online laris bagi pemula,bisa menggunakan cara ini. Bisa melalui direct message sosial media atau menemui secara langsung.

Jangan segan untuk memintanya, tidak sedikit yang meminta kerabat atau teman terdekat untuk memberi ulasan. Selanjutnya akan menarik pembeli lain, trik ini terbukti berhasil.

2. Tawarkan Servis Khusus untuk Pemberi Ulasan

Beberapa penjual online sudah menerapkan cara dapat review jualan onlineseperti ini. Misalnya akan mendahulukan pelayanan pada pembeli yang sebelumnya pernah memberi ulasan positif.

Ada juga toko yang tidak segan mem-blacklist pembeli yang memberi ulasan buruk dan bintang satu. Sehingga mereka tidak lagi bisa membeli produk pada toko tersebut. Melalui cara ini pelanggan bisa lebih semangat memberi ulasan positif.

3. Kemudahan untuk Menulis Ulasan

Sesekali bisa mencoba memposisikan diri sebagai pelanggan toko online-mu. Apakah layanan tokonya sudah memberi kenyamanan atau sebaliknya. Serta kolom ulasan atau review, sudahkah bisa pelanggan jangkau dengan mudah?

Pada penjualan menggunakan website, penjual bisa dengan bebas untuk mendesain toko online-nya. Contohnya memperbaiki tata letak kolom ulasan di tempat terjangkau dengan tampilan semenarik mungkin.

4. Berikan Pelayanan dengan Tepat Waktu

Terkait tepat waktu, merupakan aktivitas positif yang seharusnya berlaku dalam segala hal. Memberikan pelayanan yang tepat waktu dan tepat sasaran harus berlaku dalam proses penjualan. Salah satu cara dapat review jualan online, wajib kamu coba.

Pelayanan yang cepat, bisa membuat pelanggan dengan murah hati memberikan review baik dan bintang tinggi. Bahkan meskipun produk tidak sesuai, pembeli rela memberikan bintang lima, dengan dalih tepat waktu.

5. Responlah dengan Cepat

Merespon dengan cepat menjadi trik jualan online tanpa modal.Para penjual tidak perlu repot meng-endorse jualannya kepada influencer. Cukup meningkatkan servis penjualan melalui respon yang cepat bisa membuat pembeli dan review meningkat.

6. Senantiasa Ucapkan Terima Kasih

Tahukah kamu jika magic word satu ini sangat ampuh meningkatkan penjualan? Rata-rata konsumen akan kembali membeli produk yang sama pada penjual yang terkesan ramah dan baik.

Mereka juga mau mengajak temannya untuk membeli pada penjual yang sudah memberi kesan baik padanya. Jangan pelit untuk mengucapkan terimakasih, sebagai cara dapat review jualan online dengan cepat.

7. Kemasan Menarik Membuat Pelanggan Puas

Faktor eksternal cara dapat review jualan onlinebisa kamu coba dengan membuat kemasan semenarik mungkin. Pembeli tidak hanya menilai dari kualitas produk yang mereka beli saja, namun juga kemasannya.

Banyak sekali tutorial marketing yang penjual online berpengalaman bagi. Membuat pesan khusus dan wadah lucu bisa membuat pembeli memberi ulasan positif.

8. Produk Terjamin Sampai dengan Aman

Toko online erat kaitannya dengan pengiriman yang membutuhkan ekspedisi. Banyak pengiriman barang lintas provinsi bahkan negara berlangsung. Namun, untuk benda yang rawan mengalami kerusakan akan sangat berisiko.

Kamu bisa mencoba cara mendapat review jualandengan menjamin barang akan sampai dengan aman. Dengan menambahkan bubble wrap atau pengaman kayu untuk pembelian barang tertentu.

9. Menjadi Penjual yang Jujur

Trik cara meminta ulasan dan cara pintar jualan online terakhir adalah dengan menjadi penjual jujur. Sikap inilah yang seharusnya setiap penjual miliki. Tanpa berbuat banyak, jika pelanggan sudah percaya, maka tidak sulit mendapat review bagus.

Demikian dengan fungsi kolom ulasan pada dasarnya. Melalui review orang lain membuat calon pembeli tahu, apakah tipe penjual tersebut jujur atau sebaliknya. Jangan ragu untuk jujur, yah!

Cara Mengubah Review Negatif Menjadi Review Positif

Setelah membaca uraian tentang cara dapat review jualan onlinedi atas. Kamu juga perlu tahu cara mengubah komentar negatif pelanggan. Tahu sendiri kan, kalau ulasan negatif bisa memberikan efek buruk pada penjualan.

Singkatnya, dari banyaknya ulasan positif bisa berpengaruh hanya karena satu komentar buruk tentang produk kita. Bisa menurunkan rating toko, yang paling buruk hilangnya kepercayaan calon pembeli.

Pertama, jadikan komentar tersebut sebagai bahan perenungan. Apakah murni dari pelayanan tokomu yang kurang memuaskan atau hanya pelanggan iseng yang asal menilai.

Kedua, buat klarifikasi dan permintaan maaf kepada pembuat ulasan. Mintalah alasan yang jelas mengapa bisa memberi penilaian buruk. Berjanjilah tidak mengulanginya kembali.

Jika reputasi buruk tercipta karena oknum tidak bertanggung jawab. Kamu bisa melaporkan pada bihak berwajib, untuk memperkarakannya.

Review atau ulasan yang pelanggan berikan pada toko online sangat berpengaruh terhadap penjualan. Selain memberikan citra baik pada toko juga bisa melejitkan omset penjualan. Dan masih banyak lagi manfaat lainnya.

Beberapa uraian tentang cara dapat review jualan onlinebisa kamu terapkan, semoga bisa bermanfaat!

Mau memulai bisnis jualan online kamu dengan mudah?