Error saat push produk ke Shopee?

Ini solusinya

Shopee adalah salah satu marketplace yang terbesar di Indonesia. Pastinya, dengan berjualan di Shopee, produk kamu akan makin dikenal dan semakin tambah laris dijual. AdminCerdas sendiri telah bekerja sama (API) dengan Shopee sehingga dapat melakukan upload produk secara otomatis dengan satu tombol ke Shopee.

Shopee adalah salah satu marketplace yang terbesar di Indonesia. Pastinya, dengan berjualan di Shopee, produk kamu akan makin dikenal dan semakin tambah laris dijual. AdminCerdas sendiri telah bekerja sama (API) dengan Shopee sehingga dapat melakukan upload produk secara otomatis dengan satu tombol ke Shopee.

Error Push Produk ke Shopee: Setting Jasa Kurir

Nah, tapi masih ada beberapa kesalahan yang sering terjadi dalam melakukan PUSH PRODUK ke Shopee. Salah satunya adalah kesalahan dalam melakukan setting jasa kurir / jasa pengantaran di Shopee. Kalau terjadi kesalahan seperti itu, maka akan muncul tulisan “error param logistic channel” seperti di bawah ini:

 

 

Nah, di sini Aci mau berikan tips supaya kamu bisa memperbaiki error tersebut. Sebelumnya, pesan error itu sebenarnya ada di sini:

 

Kalau muncul error seperti di atas, artinya antara jasa kurir yang disetting di AdminCerdas dan jasa kurir / pengantaran yang disetting di Shopee berbeda. Nah, perbedaannya itu sebenarnya sudah ada di ID nya. Coba lihat gambar di bawah:

Nah di situ kelihatan kan, kalau ada error dengan id: 80003. Nah, lalu kamu bisa cek di bawahnya kalau 80003 itu artinya adalah JNE REG. Dengan kata lain, di Shopee kamu, kamu belum nyalain kurir JNE REG. Ini yang akan menyebabkan error. Solusinya adalah, kamu harus nyalain JNE REG di Shopee kamu. 

 

Begitu pula kalau misalnya yang error adalah id: 80015. Kalau ID Error nya 80015, berarti kamu belum setting SiCepat REG di Shopee kamu. Dan seterusnya ya kak.

 

CARA UNTUK SETTING JASA PENGIRIMAN DI SHOPEE

Pertama-tama, masuk ke website ini: https://seller.shopee.co.id seperti gambar di bawah ini ya.

 

Nah, lalu silakan login menggunakan nomor telepon / email dan password yang kamu buat saat kamu daftar akun Shopee. Lalu, klik Login ya. Kamu bakal masuk ke halaman ini.

 

Lalu scroll ke bawah sampai kelihatan tulisan JASA KIRIM SAYA di kiri bawah ya. Seperti gambar di bawah ini. Lalu klik di JASA KIRIM SAYA untuk masuk ke halaman setting jasa kirim.

 

Nah perhatikan ya, ini penting banget. Kamu harus login dulu ke AdminCerdas di https://app.admincerdas.com/member/login. Lalu pada Dashboard, masuk pada bagian Setting Toko Online. Scroll ke bawah sampai menemukan bagian Kurir yang digunakan. Nah, pada bagian ini, kamu harus setting kurirnya di Shopee sesuai dengan yang di AdminCerdas. Lihat pada contoh gambar di bawah. 

 

Poin yang harus diperhatikan adalah ini:

  1. Kalau di AdminCerdas menggunakan JNE, maka di Shopee harus diaktifkan JNE REG dan JNE OKE.

  2. Kalau di AdminCerdas menggunakan SiCepat, maka di Shopee harus diaktifkan SiCepat Reg dan SiCepat Halu.

  3. Kalau di AdminCerdas menggunakan jnt, maka di Shopee harus diaktifkan J&T Express.

  4. Kalau di AdminCerdas menggunakan pos, maka di Shopee harus diaktifkan Pos Kilat Khusus.

  5. Sisanya, apabila ada kurir di AdminCerdas yang aktif (misalnya tiki) tapi di Shopee tidak ada, biarkan saja.

 

Untuk pengaturan jasa pengiriman memang sedikit lebih rumit daripada yang lainnya. Tapi, hal ini nanti bakal sangat mempermudah kamu buat jualan. Jadi, Aci sarankan, diikutin aja ya petunjuk dari Aci. Supaya ke depannya kamu tidak perlu repot lagi.