Pengen toko online kamu di Shopee menarik minat pengunjung?

Caranya mudah kok!

Shopee punya fitur dekorasi toko yang pasti akan bikin toko kamu menonjol dibandingkan toko-toko lainnya yang tidak melakukan dekorasi. Kali ini ACI mau ajarin kamu caranya ya!

Shopee punya fitur dekorasi toko yang pasti akan bikin toko kamu menonjol dibandingkan toko-toko lainnya yang tidak melakukan dekorasi. Kali ini ACI mau ajarin kamu caranya ya!

Kenapa sih dekorasi toko di Shopee ini wajib hukumnya?

 

Salah satu cara yang paling oke buat menarik minat pengunjung kamu adalah dengan mendekorasi toko kamu. Kenapa kok gitu? Soalnya dengan dekorasi toko, toko kamu bakal tampil beda. Kamu bisa langsung kasih tahu pelanggan kalau sedang ada promo di toko kamu. Pelanggan juga bisa gampang melihat kategori barang, kategori toko, sampai produk-produk yang lagi diskon! Kalo katanya Shopee, nih, dekorasi toko bakal menaikkan pembelian toko kamu loh! 

 

Nah, kali ini Aci mau ajarin kamu gimana caranya dekor toko kamu semenarik mungkin. Aci mulai yah!

 

Pertama-tama, login di Shopee Seller Centre dulu di sini: https://seller.shopee.co.id/

 

 

Lalu kamu bakal masuk ke beranda kamu. Scroll ke bawah sampai menemukan DEKORASI TOKO di sebelah kiri kayak gambar di bawah ini:

 

 

Lalu, klik DEKORASI TOKO. Kamu bakal masuk ke halaman di bawah ini:



 

Lalu, klik UBAH DEKORASI. Setelah itu, kamu bakal masuk ke halaman tempat kamu bakal mengubah dekorasi kamu.

 

 

Kira-kira, halamannya seperti ini. Nah, Aci kasih penjelasan dikit tentang halaman ini ya. BAGIAN KIRI adalah tempat kamu setting template atau kerangka dekorasi toko kamu. Artinya, kamu bisa masukin video, banner toko, banner sederhana, dan lain-lain. 

 

Nah, BAGIAN KANAN adalah tempat kamu masukin gambarnya. Misalkan untuk banner, kamu bakal masukin gambar dari BAGIAN KANAN. 

 

Cara memasukkan banner toko online kamu di Shopee

Simpel kan ya? Nah, sekarang Aci bakal mulai dengan setting banner di toko kamu. 

 

 

Pertama-tama, klik tempat yang Aci kotakin pada gambar di atas. Nah, akan muncul TAMBAH BANNER TOKO di sebelah kanannya. 

 

 

Lalu, klik UPLOAD FOTO kayak gambar di atas yah. Di sini, Shopee bakal minta kamu pilih file gambar banner kamu.

 

 

Tinggal pilih gambarnya, lalu klik OPEN. Nah, gambar yang kamu pilih akan tampil di kolom paling kanan. Kalau bisa, bannernya jangan 1 aja ya. Aci kasih tips buat banner kayak apa yang harus kamu tampilin:

  1. Banner yang menjelaskan keunggulan toko kamu

  2. Banner promosi toko kamu yang sedang berlangsung

  3. Banner promo ikuti toko.

 

Gimana sih cara bikin bannernya?

Terus bikinnya banner ini gimana dong? Tenang, Aci kasih solusinya. Masuk ke sini untuk melihat tutorial bikin banner dengan Canva ya: https://admincerdas.com/blog/membuat-banner-toko-sederhana.

Lalu, kamu juga harus bikin banner yang tepat sasaran supaya toko kamu lebih laku. Simak tutorialnya di sini ya: https://admincerdas.com/blog/tips-desain-banner-toko-online-laris-manis-

 

Berapa ukuran banner yang dianjurkan untuk dekorasi Shopee?

Shopee menganjurkan kamu buat banner dengan ukuran lebar 1200 px dan tinggi 600 px. Ukuran filenya jangan lebih dari 2.0 MB dan format filenya adalah JPG, JPEG, atau PNG.

Kalau di canva, cara bikinnya begini. Pertama, masuk ke dashboard canva kamu. Lalu klik di sini:

1

Setelah itu, kamu pilih custom dimensions, klik di sini:

 

2 

 

Setelah itu, isi 1200 dan 600 pada masing-masing kolom, lalu klik create new design seperti ini:

 

3

 

Banner sederhana di Shopee

Okeh, sekarang Aci lanjutin lagi. Sekarang, kita akan buat banner sederhana ya. Banner ini sebetulnya cukup kamu isi dengan gambar produk kamu yang sudah ada di AdminCerdas yang menurut kamu paling menarik. Pertama, klik BANNER SEDERHANA pada BAGIAN KIRI.

 

 

Lalu, klik BANNER SEDERHANA di BAGIAN KANAN seperti yang Aci kotakin di bawah.

 

 

Tinggal kamu klik UPLOAD FOTO pada kolom paling kanan. Pastikan kamu upload 2 foto yah. Kalau sudah, klik SELESAI. 

 

Berapa ukuran banner sederhana yang dianjurkan untuk dekorasi Shopee?

Shopee menganjurkan kamu buat banner dengan ukuran lebar 600 px dan tinggi 600 px. Ukuran filenya jangan lebih dari 2.0 MB dan format filenya adalah JPG, JPEG, atau PNG.

 

Cara setting kategori produk untuk dekorasi shopee

Sekarang Aci lanjutin lagi ke set kategori produk. Kategori ini fungsinya hanya mempercantik saja sih. Misalkan gini. Di toko kamu ada kategori Tas Wanita, Dompet Wanita, dan Jam Tangan. Nah, fungsi kategori ini hanya memberikan gambar terbaik pada masing-masing kategori toko kamu. 

 

Caranya gini nih. Pertama, klik KATEGORI pada bagian kiri untuk memunculkan template.

 

 

Setelah itu, klik KATEGORI pada BAGIAN KANAN untuk memunculkan kolom yang paling kanan. Lalu pilih UPLOAD FOTO.

 

 

Setelah upload foto, ketikkan NAMA KATEGORI pada gambar yang telah muncul. Contohnya kayak gambar di bawah ini ya:

 

 

Lalu, kamu harus klik PILIH TAUTAN. Nah, setelah kamu klik itu, akan muncul KATEGORI TOKO. Klik di sini.

 

 

Terus, kamu pilih kategori toko yang sesuai dengan gambar dan nama kategori yang sudah kamu pilih. Misalkan nih, Aci kan upload gambar hijab dengan nama kategori Hijab Premium. Lalu, dari pilihan kategori, Aci bakal masukin VEIL karena itu bahasa Inggrisnya Hijab.

 

 

Kalau sudah selesai, klik Konfirmasi. Nah, setting kategori toko jangan 1 saja ya. Kalau bisa, semua kategori yang ada di setting. Supaya pembeli kamu bakal lebih mudah saat memilih barang yang mau mereka beli.

 

Berapa ukuran gambar kategori toko yang dianjurkan untuk dekorasi Shopee?

Shopee menganjurkan kamu buat banner dengan ukuran lebar 300 px dan tinggi 300 px. Ukuran filenya jangan lebih dari 2.0 MB dan format filenya adalah JPG, JPEG, atau PNG.

 

Cara setting produk pilihan untuk dekorasi toko Shopee

Next, Aci bakal masuk ke PRODUK PILIHAN. Nah fungsinya PRODUK PILIHAN ini sebetulnya untuk mengelompokkan produk-produk pilihan kamu jadi beberapa kelompok. Misalnya Aci bakal kelompokkan produk-produk Aci jadi beberapa kelompok yaitu:

  1. Promo Spesial Masker

  2. Paling Laris di IG

  3. Produk Terbaru

Nah, dari sini, pelanggan Aci bakal langsung tahu kalau Aci lagi promo masker. Lalu, mereka bakal ngelihat barang-barang yang paling laris di IG plus produk-produk terbaru Aci. Apakah betul 4 produk yang Aci pilih itu paling laris di IG? Belum tentu. Yang penting, Aci kasih tahu pelanggan Aci kalau produk ini yang paling disukai, dan menurut Aci juga paling oke.

 

Aci mulai ya, supaya kamu bisa mulai setting PRODUK PILIHAN di toko kamu. Pertama-tama, klik PRODUK PILIHAN di BAGIAN KIRI.



 

Nah setelah itu, akan muncul PRODUK PILIHAN di BAGIAN KANAN. Lalu, kamu klik di situ. Ini akan memunculkan kolom yang paling kanan. Hal yang harus kamu isi:

  1. Judul produk pilihan. Misalnya Promo Spesial Masker

  2. Lalu pada bagian tambah produk, pilih MANUAL.

  3. Lalu klik TAMBAH PRODUK untuk menambahkan produk-produk yang termasuk promo spesial masker

 

Nah, kalau kamu sudah memilih produknya, produk ini bakalan langsung tampil di kolom paling kanan. Kalau sudah benar, klik SIMPAN.

 

Selamat, kamu sudah menyelesaikan dekorasi toko kamu. Langkah terakhir adalah klik pada bagian kanan atas pada tulisan TAMPILKAN.

 



Dekorasi toko ini bakal bisa kamu lihat di APLIKASI SHOPEE. Kalau di website, tidak semua akan dimunculkan, Jadi, kalau mau mengecek, silakan di aplikasi SHOPEE yah!

Pengen punya toko online yang tersambung ke Shopee?